3 Tips Penting Yang Perlu Anda Lakukan Dalam Social Media Marketing –
Sebagaimana yang telah kita ketahui, digitalisasi semakin berkembang pesat saja. Oleh karena itu, banyak bisnis terutama bisnis online yang pemasarannya beralih menggunakan digital atau yang biasa disebut Digital Marketing. Banyak pebisnis yang kemudian menggunakan meda sosial untuk mempromosikan barang dagangannya. Media sosial dinilai efektif untuk membuat khalayak menyadari kehadiran bisnis tersebut. Bahkan untuk bisnis yang terbilang masih kecil sekalipun.
Keefektifan media sosial terlihat pada respon pelanggan terhadap informasi yang disuguhkan lebih cepat dari alat komunikasi lainnya. Melalui media sosial, konsumen bisa menyampaikan kritik dan saran terhadap bisnis anda. Nah, apabila anda seorang pebisnis, anda berkesempatan untuk dekat dengan target pasar dengan lebih mudah melalui platform yang dimiliki.
Namun dalam menggunakan media sosial untuk berbisnis, anda juga harus menjadi konsisten dalam urusan konten. Hal ini tentu saja akan menjadi sesuatu yang menyulitkan. Untuk melakukannya, tentu saja anda perlu tips-tips yang dapat melancarkan anda melakukan Social Media Marketing. Berikut beberapa tips Social Media Marketing yang perlu anda terapkan dalam bisnis :
- Tentukan Target Audiens Anda:
Tahukah anda? Setiap platform media sosial memiliki demografisnya masing-masing. Mayoritas penggunanya bagaimana. Hal ini dapat anda ketahui dengan menentukan target audiens terlebih dahulu, lalu ketahui karakteristik setiap media sosial. Lalu akan ditemukan bagaimana demografis pada setiap media sosial dan apa media sosial yang cocok dimanfaatkan untuk bisnis anda. Secara umum, mayoritas audiens media sosial berdasarkan target audiens adalah sebagai berikut :
- Remaja : Snapchat, Vine, YouTube, Instagram, dan Tumblr.
- Kaum professional, dan para pebisnis : LinkedIn, jaringan professional akan mudah terbentuk dan dapat membantu anda dalam pengembangan bisnis.
- Orang-orang yang tinggal di luar kota besar : Facebook
- Influencer dan blogger : Instagram dan Blog.

2. Tentukan platform media sosial yang sesuai dengan jenis bisnis Anda
Mengelompokkan target audiens saja, tidaklah cukup. Untuk Social Media Marketing anda perlu memilih platform yang sesuai dengan jenis konten atau layanan yang ditawarkan. Contohnya, Instagram dan Pinterest yang sangat cocok untuk perusahaan visual karena dapat menampilkan banyak fotografi cantik dan produk bermerek.
Sedangkan, Facebook dan Twitter lebih cocok untuk bisnis dengan konten editorial. Sehingga konten yang dibagikan melalui tautan, lebih efektif untuk dibagikan melalui Facebook dan Twitter. Nah, setelah mengetahui target audiens serta karakteristik setap media sosial, kini saatnya anda tinggal menentukan media sosial apa yang ingin anda gunakan untuk pemasarannya.
3. Buat Strategi pada Konten Anda
Setelah itu, saatnya anda menentukan strategi pada konten di media sosial anda. Ada 2 tujuan utama dari strategi media sosial, yaitu:
- Brand Awareness
Dalam hal ini, anda bisa menyajikan konten yang berisi informasi-informasi mendasar tentang produk atau jasa yang anda tawarkan, berarti anda menginformasikan kepada konsumen tentang siapa anda dan apa yang anda tawarkan.
- Membujuk Audiens untuk Membeli atau Menggunakan Produk Anda
Untuk mencapai tujuan ini, anda bisa membagikan konten mencakup konten promosi seperti diskon, kelebihan produk, dan beberapa hal lainnya yang mengajak audiens untuk melakukan pembelian. Namun dalam melakukan pemasaran melalui online, anda membutuhkan strategi lain. Dalam hal ini, anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit yang harus anda investasikan di awal. Contohnya, anda harus melakukannya dengan beriklan di Facebook, Instagram, atau menggunakan SEO/SEM untuk metode yang lebih handal lagi. Sebab hal ini dapat memberikan anda keuntungan yang luar biasa di masa mendatang.
Recent Comments