4 Media Sosial Yang Cocok Digunakan Untuk Berbisnis – Dalam suatu bisnis, anda perlu melakukan marketing atau pemasaran. Sebab marketing merupakan elemen yang sangat penting dalam penjualan. Sebagaimana manajemen pemasaran yang baik di suatu perusahaan yang dituntut untuk selalu mampu mempromosikan produknya secara unik dan menarik.

Saat ini, banyak orang yang mempromosikan barang atau jasa dagangannya melalui media sosial. Sebagaimana dikutip dari The Richest, media sosial merupakan sarana yang paling efektif untuk memasarkan produk secara online. Nah, dalam media sosial tersebut, perlu ditampilkan gambar yang cantik dan sejumlah video menarik guna menarik hati konsumen.

Hal ini tentu saja membantu pengguna media sosial lebih mudah melihat dan memilih berbagai produk yang diinginkan dari toko online tersebut.

Untuk mempromosikannya, pebisnis dapat memanfaatkan 5 media sosial terbaik berikut ini :

  • YouTube

Saat ini YouTube merupakan media sosial yang paling terkenal di dunia. YouTube juga bisa menjadi platform untuk berbisnis. Hal ini terlihat jelas dari stasiun televisi, perusahaan produsen film, distributor rekaman dan perusahaan lainnya yang menggunakan Youtube sebagai media promosi produk dan jasanya.

Melalui youTube, siapapun dan perusahaan apapun dapat memasang video apapun. Apalagi saat ini secara akumulatif, terhitung ada video berdurasi 3 miliar ditonton penonton dari seluruh pelosok dunia setiap bulannya. Bukan hanya itu, YouTube juga menawarkan space iklan untuk lapak promosi yang berpotensi lebih besar.  

  • Pinterest

Pinterest telah memiliki 70 juta pengguna dan sangat populer dalam tiga tahun terakhir. Pertama kali hadir pada tahun 2010, kemudian pinterest menjadi platform penting bagi para pengusaha.

Pinterest juga memiliki desain yang menarik. Sehingga pinterest merupakan salah satu platform pemasaran terbaik di dunia. Nilai penjualan yang bisa didapatkan melebihi Facebook.

Rata-rata pengguna pinterest adalah wanita. Di dalam Pinterest, terdapat sekitar 5 juta pin yang dipasang pelanggan. Nilai jual pinterest juga mencapai US$ 3,8 hingga bulan oktober lalu.

  • Facebook

Sejak kemunculannya pada tahun 2005, Facebook menjadi media sosial yang sangat populer. Media sosial ini juga memiliki pengguna paling banyak di dunia. Untuk memasang iklan di media sosial ini juga cukup dengan harga yang terjangkau yang ditentukan dari jumlah klik yang diterima.

Apalagi saat ini, Facebook memiliki laman bisnis. Sudah banyak orang yang suka menggunakan lama ini karena mempromosikan barang lewat Facebook merupakan salah satu cara terbaik. Oleh karenanya, Facebook memiliki 1,19 miliar pengguna aktif setiap bulan.

  • Instagram

Instagram juga saat ini menjadi media sosial yang populer dan memiliki banyak pengguna. Melalui instagram, para pengguna dapat berbagi foto atau video dengan para pengguna lainnya. Selain itu, pengguna dapat mengambil gambar berkualitas tinggi dan menambahkan filter pada foto-foto yang diambil.

Pengguna juga dapat menambah hastag yang membuat para pengguna Instragram lain dapat menerima gambar tersebut yang memiliki hastag yang sama. Instagram juga memiliki kolom komentar untuk digunakan orang lain. Instagram sangat pratis dan bisa melalui smartphone saja. Sehingga lebih cepat dan lebih mudah untuk meningkatkan daya tarik calon pembeli terhadap barang yang ditawarkan. Maka tidak heran, ada 150 juga pengguna aktif Instagram.

Demikian 4 media sosial terbaik yang bisa anda gunakan untuk berbisnis. Semoga bermanfaat!