Mengapa Bisnis Anda Perlu Media Sosial? – Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa memiliki media sosial dan menjadikan media sosial sebagai alat aternatif untuk berkomunikasi. Media sosial juga memudahkan anda dalam membagikan informasi berupa konten atau tulisan. Bukan hanya itu, media sosial juga bermanfaat untuk pemasaran bisnis. Dengan penggunanya yang banyak, maka untuk menjangkau pangsa pasar yang luas tentu saja lebih mudah.
Apabila anda seorang pebisnis, anda perlu menggunakan media sosial untuk pemasaran. Bahkan melalui media sosial, anda dapat memanfaatkan media sosial untuk menemukan target pangsa pasar yang anda butuhkan yang mungkin merupakan hal yang sulit untuk dilakukan secara offline. Dengan begitu, media sosial dapat membantu anda mengembangkan bisnis secara tidak langsung.
Tidak cukup sampai di situ, ada beberapa alasan lain mengapa anda perlu memanfaatkan media sosial untuk bisnis yang di antaranya adalah sebagai berikut :
- Mengenal Pelanggan Lebih Dekat
Dalam berbisnis, anda perlu mengenal pelanggan lebih dekat. Melalui media sosial inilah proses pengenalan menjadi lebih mudah. Anda bisa menggunakan tools pendukung seperti Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna media sosial berdasarkan usia atau jenis kelamin. Informasi ini dapat membantu anda dalam mempromosikan produk atau jasa kepada target yang tepat. Namun anda juga perlu melihat tren usia pengguna masing-masing media sosial sebagai acuan dalam memilih saluran promosi sampai pembuatan konten yang menarik target audiens. Mengenal pelanggan lebih dekat perlu anda lakukan, sebab hal ini merupakan kunci sukses untuk suatu bisnis.

- Mendengar Keinginan Pelanggan
Dalam berbisnis, anda juga perlu mendapatkan feedback positif maupun negatif dari konsumen untuk meningkatkan kualitas bisnis menjadi lebih baik. Anda bisa mendapatkan feedback positif maupun negatif dengan cepat hanya melalui media sosial. Biasanya melalui komentar pada sebuah postingan ataupun direct message secara langsung ke platform media sosial yang anda gunakan. Selain itu, anda juga dapat mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan. Media sosial juga dapat menjadi salah satu alat atau tool guna mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.
- Merespon dengan Cepat
Kredibilitas suatu bisnis juga ditentukan oleh bagaimana si pemilik memberikan respon kepada konsumen. Cepat atau tidaknya respon tersebut mempengaruhi daya tarik konsumen. Maka dari itu, anda perlu media sosial untuk merespon konsumen dengan baik dan cepat. Sebagaimana pelanggan juga memberikan respon dengan cepat, anda juga harus menanggapi respon tersebut dengan cepat.
Mengetahui keluhan konsumen melalui telepon saja tidaklah cukup. Keluhan juga dapat anda lihat di kolom komentar suatu media sosial. Anda perlu memperhatikan hal ini untuk menjaga kredibilitas. Sebab kredibilitas suatu perusahaan juga dapat dilihat dari bagaimana media sosialnya.
Bagaimana? Sekarang mulai paham kan mengapa anda perlu memanfaatkan media sosial untuk berbisnis? Tunggu apa lagi, saatnya tingkatkan bisnis dengan social media marketing yang tentu saja anda harus memiliki akun media sosial untuk bisnis yang anda jalankan.
Recent Comments