Dalam melakukan bisnis atau penjualan, anda tentu saja memerlukan yang namanya promosi atau pemasaran. Baik secara online maupun offline. Sebab promosi menjadi faktor utama penunjang keberhasilan omset penjualan yang meningkat.  Untuk melakukan pemasaran juga diperlukan teknik atau strategi guna meminimalisir risiko kerugian.

Namun promosi yang hanya menunjukkan produk saja tidaklah cukup. Sebab ternyata perlu adanya strategi sehingga penjualan pun lebih terarah dan penjualan lebih maksimal. Sekiranya agar pemasaran berhasil dan meraih keuntungan dari penjualan yang diharapkan, anda perlu memperhatikan faktor-faktor penunjang berikut ini.

  • Keluasan Pangsa Pasar

Faktor pertama  yang satu ini menjadi faktor yang cukup menentukan keberhasilan suatu usaha pemasaran. Sebab perlu diakui, penjualan yang berhasil juga terlebih dahulu perlu menentukan pangsa pasar atau segmentasi. Adanya pangsa pasar yang tepat akan menjadikan penjualan lebih terarah dan tentu saja lebih menguntungkan. Sebab hal ini akan menjangkau konsumen yang lebih luas. Memiliki pangsa pasar yang luas lebih mudah untuk melakukan pemasaran dibandingkan pangsa pasar yang sedikit. Hal ini memilki arti bahwa apabila semakin luas pangsa pasarnya, maka peminatnya semakin banyak sehingga kesuksesan pemasaran jauh lebih mudah didapatkan.

Dalam hal ini, maka penting sekali, hanya memilih produk yang memiliki pangsa pasar yang luas, selain mudah menjalankan pemasarannya karena pangsa pasar yang luas, tentu saja akan bertahan lama karena peminat yang banyak. Konsumen juga tidak perlu berjuang lebih banyak untuk bisa membeli produk yang dipasarkan.

  • Teknologi

Perlu diakui bahwa perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih. Maka pebisnis juga perlu untuk paham akan teknologi. Dengan paham teknologi, maka akan cenderung lebih mudah bertahan dan sukses dengan bisnis yang dijalankannya. Sebab pemanfaatan teknologi terkini menjadi salah satu faktor yang membantu banyak dalam keberhasilan pemasaran. Pemanfaatan ini juga membantu memaksimalkan teknik pemasaran, misalnya mengandalkan fitur-fitur di media sosial dan media online yang membantu memasarkan secara lebih luas dan cepat.

Hal ini tentu saja lebih efektif dibandingkan hanya mengandalkan pemasaran offline yang area jangkauannya jauh lebih terbatas.

  • Harga Jual

Terapkan harga yang kompetitif. Sebab sebagus apapun produk yang dimiliki dan seluas apapun pangsa pasarnya, jika harga yang dilepas ke pasar cenderung tidak kompetitif, akan lebih rentan gagal dibanding harga yang kompetitif. Oleh karena itu, penting bagi para pebisnis untuk melakukan survey terlebih dahulu harga dari kompetitor,  supaya tidak sampai memasang bandrol kelewat tinggi.

Sebab saat ini, masyarakat sudah lebih cerdas ketika menjadi konsumen, mereka akan sangat teliti dalam melakukan transaksi. Termasuk dalam membeli barang atau jasa. Biasanya mereka melakukan perbandingan terlebih dahulu terhadap produk serupa untuk mendapatkan yang terbaik. Konsumen biasanya lebih suka untuk memperoleh produk dengan kualitas sama persis namun dengan harga lebih murah

  • Keunggulan atau Keunikan Produk

Dunia bisnis memiliki persaingan antara pebisnis satu dengan yang lainnya. Hal ini menjadi cambuk sehingga para pebisnis berlomba-lomba menghadirkan produk dan jasa dengan kualitas terbaik supaya tidak sampai kehilangan pasar. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan keunggulan dan keunikan dari produk atau jasa yang dimiliki. Berikan ciri khas pada produk yang ditawarkan. Ciri khas seringkali menjadi penentu ketertarikan. Hal ini dikarenakan jika anda tidak memiliki sesuatu yang unik, maka anda akan diabaikan.  

Anda bisa mulai dari yang sederhana saja sekaligus murah. Misalnya dari desain, kemasan, logo, warna, atau yang lainnya yang tidak terkesan rumit. Berikan keunikan di dalamnya dan jangan lupa untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu

  • Kejujuran

Ini dia yang paling penting. Jangan salah, meskipun perkembangan teknologi semakin pesat dan masyarakat semakin cerdas, namun ada beberapa hal yang cenderung stagnan dan tradisional. Terutama yang berkaitan dengan sikap. Tetaplah jujur dan tunjukkan transparansi dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Hindari melakukan promosi secara berlebihan dan tanpa isi alias kebohongan atau fake atau palsu. Sebab biasanya satu konsumen saja kecewa, calon konsumen lain akan terpengaruhi. Apalagi di sekarang kekuatan media online sudah sangat canggih dan sangat tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk menghancurkan citra bisnis yang sudah terbangun.

  • Optimasi Media

Faktor selanjutnya jangan lupa untuk melakukan optimasi media. Anda bisa menggunakan media pemasaran apapun dan usahakan tidak digunakan sekali pakai. Namun kelola secara terus menerus supaya bisa menghasilkan omset yang terus bertumbuh dan melimpah. Lakukan optimasi dengan maksimal, teruslah fokus melakukan promosi di media sosial dan kelola media sosial secara profesional. Hal ini akan mempengaruhi konsumen untuk terus berdatangan dan tentu saja didukung dengan konten yang bermanfaat dan menarik untuk dibagikan.

Nah sekian tips untuk mempromosikan bisnis dengan efektif.  Bagi anda para pelaku bisnis atau yang memiliki keinginan untuk membuka bisnis baik online maupun offline, sekiranya anda perlu melakukan tips-tips tersebut. Selain itu, untuk bisnis yang lebih optimal dengan jangkauan yang luas, sekiranya anda juga bisa mulai dari memanfaatkan kekuatan digital dan internet seperti sosial media, iklan online, digital marketing, dan sebagainya.