Saat ini fungsi media sosial tidak hanya terletak pada komunikasi. Namun juga bisnis. Sudah banyak sekali pengguna yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa. Dalam pemasarannya, pengguna membagikan konten di dalamnya. Misalnya pengguna instagram yang membuat konten selayaknya blog (microblog) yang sesuai dengan bisnis pengguna Instagram tersebut. Kontennya ini bisa tips, ilmu pengetahuan umum, direct selling melalui penjelasan detail produk, atau bahkan hanya sekedar review produk. Hal ini disebut dengan Instagram content marketing.
Namun dalam instagram content marketing, anda perlu strategi supaya dapat meningkatkan engagement yang dapat mempengaruhi konversi penjualan. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa mensukseskan marketing jenis ini. Dilansir dari Jurnal by Mekari, beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat Instagram Content Marketing yang baik guna mendapatkan engagement yang lebih dari yang anda harapkan.
- Waktu Posting!
Ya benar sekali, anda perlu memperhatikan waktu untuk membagikan kontennya. Waktu posting ini bukan sekedar mitos untuk anda meningkatkan engagement dari pengguna Instagram.
Carilah waktu dimana pengguna instagram aktif berselancar supaya mereka menayangkan postingan anda. Hal ini mempengaruhi engagement lebih cepat dan memunculkan postingan anda di kolom explore. Postingan pun bukan tidak mungkin akan mendapatkan lebih banyak likes, comment, share dalam jangka waktu tercepat. Postingan dengan engagement tinggi akan mendapatkan penayangan lebih sering dibanding yang minim engagement. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan kapan postingan anda sebaiknya diunggah.

- Buat Audience Berlama-lama di Postingan Anda!
Saat ini, banyak pebisnis di instagram yang mengandalkan Instagram Content Marketing ddengan membuat blog berbentuk banyak slide dimana dalam satu postingan terdapat banyak gambar (Carousel Post). Hal ini bertujuan supaya pengunjung berlama-lama di postingan tersebut
Tahukah anda? hal ini efektif untuk mempengaruhi postingan anda mendapatkan cakupan yang lebih baik dan meningkatkan engagement pastinya.
- Konsisten!
Konsisten berarti terus menerus; melakukan satu hal secara kontinyu dan tidak berubah dan berlaku untuk segi mental dan segi teknis. Untuk konsisten segi teknis, anda dapat melakukannya dengan membangun brand profile Instagram anda seperti konsistensi warna, konsistensi waktu unggah, dan juga konsistensi pola feeds.
Ciptakan profil instagram yang cantik dan konsisten karena penting untuk membuat bisnis anda lebih dikenal oleh pengunjung dengan warna tertentu atau model feed tertentu. Hal ini dapat membuat pengunjung lebih hafal dengan brand anda, lho!
Kedua, tentu saja konsisten untuk upload. Jangan sampai anda tidak mengunggah postingan instagram satu hari saja. Hal ini dapat mempengaruhi pengunjung untuk lebih mengabaikan toko online atau brand anda sekaligus menurunkan engagement yang telah dibangun.
Recent Comments