Pentingnya Teknologi di Tempat Kerja — Selama era digital beberapa tahun terakhir, perkembangan aplikasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, baik pribadi maupun profesional. Khusus untuk bisnis, teknologi di tempat kerja telah sepenuhnya mendefinisikan ulang proses operasional serta perilaku dan ekspektasi konsumen. Faktanya, menurut Survei Eksekutif McKinsey Global, 93% perusahaan yang disurvei mengatakan mereka harus beralih ke pekerjaan jarak jauh, 62% mengatakan mereka harus menghadapi permintaan pelanggan yang meningkat untuk pembelian dan layanan online, dan 34% mengatakan ada peningkatan migrasi aset perusahaan mereka ke cloud karena pandemi COVID-19.
Ada banyak manfaat dari adanya perkembangan teknologi di tempat kerja. Lanjutkan membaca untuk mempelajari beberapa alasan pemilik bisnis ingin memastikan mereka mengikuti tren TI terkini dan memiliki rencana untuk mengimplementasikan solusi teknologi inovatif.
Pentingnya dan Manfaat Teknologi di Tempat Kerja
Pentingnya teknologi di tempat kerja tidak bisa diremehkan; lagi pula, itu telah menjadi komponen inti dari kesuksesan perkantoran modern. Mari kita lihat lebih dekat beberapa keuntungan teknologi di tempat kerja.
1. Jadikan Bisnis Anda Lebih Kompetitif
Jika organisasi Anda tidak memanfaatkan solusi teknologi modern saat ini, kemungkinan besar organisasi tersebut telah tertinggal jika dibandingkan dengan pesaing Anda. Meskipun demikian, tidak ada kata terlambat untuk memulai perjalanan transformasi digital Anda, yang pada gilirannya akan mengembangkan model bisnis yang lebih berpusat pada teknologi (dan kompetitif). Seperti yang telah disebutkan, kami telah melihat perubahan dramatis dalam permintaan dan ekspektasi konsumen, dan dampak teknologi pada pengalaman pelanggan lebih umum daripada sebelumnya. Lama berlalu adalah hari-hari konsumen puas dengan waktu respons dua atau tiga hari untuk permintaan seperti pengaturan ulang kata sandi.
Saat ini, resolusi yang hampir seketika adalah norma dan apa yang harus Anda berikan agar tetap kompetitif. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh saluran layanan pelanggan seperti media sosial, obrolan langsung, dan email. Gabungkan saluran dukungan tersebut dengan teknologi seperti AI, otomatisasi, dan sumber daya swadaya, dan pelanggan Anda memiliki kemampuan untuk memilih preferensi dukungan mereka untuk resolusi yang cepat dan efisien, yang menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan. Ketika pelanggan Anda senang, mereka akan terus berbisnis dengan Anda, dan bahkan mungkin merujuk Anda ke komunitas mereka yang meningkatkan keuntungan.
2. Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi
Teknologi telah membuat komunikasi dengan orang lain lebih mudah dari sebelumnya, yang penting dalam lingkungan perusahaan saat ini di mana banyak organisasi masih bekerja dari rumah dan interaksi tatap muka adalah nominal. Platform berbasis cloud seperti Microsoft Teams, Zoom, dan lainnya terus menyediakan jalur bagi organisasi untuk tetap terhubung dan mencapai tingkat komunikasi yang bisa dibilang lebih baik daripada pra-pandemi dan peralihan ke pekerjaan jarak jauh.
Itu sebagian besar karena platform dan aplikasi produktivitas menyediakan fitur seperti obrolan, penyimpanan dan berbagi file, dan kolaborasi dokumen untuk meningkatkan kolaborasi secara signifikan. Terlebih lagi, teknologi ini benar-benar meningkatkan produktivitas bagi organisasi dan karyawannya, karena umpan balik pada proyek atau tugas tertentu dapat dikirim dengan cepat melalui pesan instan, membatasi jumlah email, dan mengurangi waktu respons.
3. Meningkatkan Keamanan
Dengan meningkatnya volume dan kompleksitas teknik serangan penjahat dunia maya, sangat penting bagi organisasi untuk memiliki langkah-langkah keamanan yang canggih untuk membantu mencegah infiltrasi jaringan dan sistem mereka yang dapat menyebabkan pelanggaran data yang mahal atau lebih buruk. Meskipun teknologi keamanan seperti antivirus dan autentikasi multifaktor merupakan alat yang diperlukan dan efektif, organisasi juga harus menerapkan kontrol di tingkat karyawan. Lagi pula, hampir 9 dari 10 – atau 88% – dari semua pelanggaran data disebabkan oleh kesalahan manusia.
Karena karyawan seringkali merupakan garis pertahanan terakhir dalam percobaan serangan dunia maya, penting untuk membekali mereka dengan pengetahuan untuk mengenali kapan serangan semacam itu terjadi dan langkah apa yang harus mereka ambil untuk mengurangi ancaman tersebut. Hal ini dapat dicapai melalui penerapan program pelatihan kesadaran keamanan. Program-program ini bertujuan untuk mengedukasi pengguna tentang vektor ancaman dan teknik serangan, dan bahkan menyediakan skenario dunia nyata melalui kampanye yang disimulasikan.
4. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi
Dengan penggunaan teknologi di tempat kerja, organisasi telah mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka dengan cepat. Proses yang dulunya manual dan memakan waktu kini dapat dicapai dengan cepat dan efisien dengan alat, aplikasi, dan sistem digital. Karena pergeseran digital ini, karyawan memiliki kemampuan untuk fokus pada tugas yang lebih penting yang menghasilkan pendapatan dan memajukan perusahaan. Selain itu, memanfaatkan program bisnis dan aplikasi perkantoran benar-benar dapat meningkatkan akurasi dan efektivitas fungsi departemen, karena mengurangi kemungkinan kesalahan manusia sambil menyediakan data dan analitik waktu nyata melalui dasbor dan pelaporan.
Kesimpulan
Teknologi sangat penting digunakan dalam dunia kerja, saat ini juga sudah banyak hadir teknologi perkantoran seperti software HRIS enterprise yang dapat memudahkan pekerjaan HR mengelola database karyawan, salah satu software HR terbaik yang saat ini banyak digunakan adalah software HRIS Kantor Kita. Software HRD perusahaan dengan sistem otomatisasi yang mempercepat penyelesaian tugas HRD. Selain sebagai software HRD, Kantor Kita juga merupakan software absensi yang dilengkapi dengan fitur face recognition.
Recent Comments