Tombol berbagi sosial telah menjadi semacam harapan. Lihatlah hampir semua situs web eCommerce dan Anda mungkin akan melihat ikon Facebook, Instagram, atau Pinterest yang sudah dikenal yang menyertai setiap produk atau posting blog setelah anda membuat web blog pribadi dan website.
Tetapi apakah semua ikon berbagi sosial ini benar-benar diperlukan? Jawabannya mungkin tampak bergantung pada apakah Anda menggunakan media sosial atau tidak dalam strategi pemasaran Anda (seharusnya begitu). Namun pada kenyataannya, kehadiran media sosial Anda sendiri tidak menjadi masalah dalam kasus ini.
Apa yang Dilakukan Tombol Berbagi Sosial
Berbagi sosial mengacu pada pengguna media sosial yang menyiarkan konten web di jejaring sosial ke koneksi, grup, atau individu tertentu. Produk, kiriman blog, artikel, dan konten lainnya muncul di profil pengguna dan umpan berita sebagai kiriman, atau dapat dikirim langsung melalui pesan atau email.
Ini menjadi salah satu tolok ukur paling bagus bagi merek untuk mengukur kinerja dan kualitas konten mereka. Semakin banyak konten dibagikan, semakin banyak orang melihatnya dan semakin tinggi kualitasnya.
Salah satu tujuan utama dari strategi pemasaran media sosial perusahaan adalah untuk menghasilkan kesadaran merek dengan mendorong audiens mereka untuk berbagi konten. Ini adalah cara untuk menampilkan merek mereka di depan audiens yang lebih besar dengan sedikit usaha (atau biaya) di pihak mereka.
Tombol berbagi sosial memudahkan untuk melakukan ini dengan beberapa klik. Pengguna tidak perlu meninggalkan situs web pada hosting cPanel Anda untuk berbagi konten hebat dengan koneksi mereka. Cukup klik tombol dan Anda dapat memposting langsung ke profil media sosial Anda.
Apa yang Seharusnya (Dan Tidak Seharusnya) Anda Harapkan dari Tombol Berbagi Sosial Anda
Di permukaan, tombol berbagi sosial terdengar seperti fitur no-brainer. Tentu saja Anda ingin audiens Anda membagikan produk Anda kepada orang lain. Ini pemasaran gratis!
Tetapi pemasar dan e-tailer cenderung menetapkan ekspektasi yang tidak realistis terkait dengan apa yang sebenarnya diberikan oleh tombol berbagi sosial tersebut. Sayangnya, 99,8% pengguna ponsel tidak pernah menyentuh tombol berbagi sosial. Pengguna desktop lebih cenderung menggunakan tombol berbagi sosial (35% lebih banyak daripada pengguna seluler), tetapi lebih suka berbagi konten dengan cara mereka sendiri.
Faktanya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa menghapus tombol berbagi sosial meningkatkan konversi! Ini adalah pil yang sulit untuk ditelan oleh pemasar, karena mayoritas pembeli online memiliki setidaknya satu profil media sosial.
Cara Memilih Apa yang Layak Dibagikan
Ini bukan untuk mengatakan bahwa tombol berbagi sosial tidak pernah berfungsi — pada kenyataannya, mereka melakukannya dalam banyak kasus! Tapi itu bukan langkah terbaik untuk setiap halaman di setiap situs web pada hosting Linux anda. Pemilik toko perlu melihat konten mereka sendiri untuk melihat apakah mereka memiliki sesuatu yang layak untuk dibagikan.
Untuk pemilik toko eCommerce, Anda harus mempertimbangkan audiens Anda dan jenis produk yang Anda jual. Apakah produk Anda cenderung membuat seseorang “pin sekarang, lihat nanti”, atau membuat iri teman-teman mereka di Facebook? Jika demikian, tentu saja Anda harus mengaktifkan tombol berbagi.
Cara Menambahkan Tombol Berbagi Sosial ke Situs Web E-Commerce Anda
Jika Anda belum memiliki tombol berbagi sosial di halaman produk atau posting blog Anda, tidak sulit untuk menambahkannya.
Layanan seperti AddThis, AddShopper, atau ShareThis mempermudah penerapan fungsi berbagi sosial dan menyertakan wawasan data dengan akun. Dalam beberapa kasus, pengguna dapat melihat berapa kali item tertentu dibagikan, yang dapat menjadi indikator performa.
Minimal, Anda harus membidik beberapa jaringan yang lebih populer: Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest. Anda juga dapat menambahkan LinkedIn ke dalam campuran jika itu masuk akal untuk bisnis dan audiens Anda. Opsi untuk membagikan tautan langsung melalui email, messenger, atau SMS juga bisa bermanfaat.
Tidak ada aturan pasti tentang berapa banyak tombol berbagi sosial yang Anda butuhkan, tetapi sebagian besar situs web dengan hosting WordPress menggunakan tiga atau empat tombol. Terlalu banyak orang dapat membuat Anda merasa sibuk dan kewalahan dan menghilangkan tujuan berbagi Anda. Dan seperti fitur lain yang Anda tambahkan ke situs Anda, pastikan untuk mengujinya dengan sangat baik sebelum membuatnya tersebar luas.
Cara Mendorong Berbagi Sosial
Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan (atau melanjutkan) dengan tombol berbagi sosial, Anda mungkin perlu mempertimbangkan cara untuk mendorong penggunaannya.
Panggilan untuk bertindak
Ini bisa sesederhana meminta pengguna untuk berbagi. Ajakan bertindak seperti “Jangan lupa bagikan postingan ini!” bisa cukup untuk meyakinkan pengguna untuk melakukannya. Berapa kali Anda menonton video YouTube dan hanya mengklik “suka” atau “berlangganan” setelah diingatkan?
Poin Hadiah
Jika Anda menawarkan hadiah loyalitas kepada pembeli Anda, maka berbagi adalah cara terbaik untuk meningkatkan interaksi ke situs web pada hosting gratis domain anda sekaligus mendapatkan poin pelanggan Anda. Banyak bisnis menawarkan pertukaran poin untuk postingan sosial, dan penggunaan tagar.
Konten yang Dapat Dibagikan
Di atas segalanya, pastikan konten Anda layak untuk dibagikan. Gambar yang indah, tajuk utama dan nama produk yang menarik, serta deskripsi meta yang menarik semuanya akan membantu.
Putusan Akhir: Apakah Anda Membutuhkan Tombol Berbagi Sosial di Situs Web E-Commerce Anda?
Ada argumen kuat untuk mendukung dan menentang penambahan tombol berbagi sosial ke situs web pada hosting profesional Anda. Pertimbangkan untuk menghapus penghitung pembagian dari halaman agar jumlah pembagian yang rendah tidak menyurutkan orang lain. Dan jangan lupa bahwa berbagi, paling banyak, adalah tujuan sekunder di halaman produk; jangan mengorbankan corong penjualan Anda untuk berbagi sosial.
Meskipun sepenuhnya opsional, kami menyarankan untuk menambahkannya. Jika ditempatkan dengan benar, mereka tidak merugikan apa pun dengan berada di halaman web Anda. Dan bahkan jika hanya segelintir pelanggan Anda yang memutuskan untuk menggunakannya, Anda telah mendapatkan beberapa pemasaran gratis yang hanya membutuhkan sedikit usaha dari Anda.
Recent Comments