Saat ini melakukan pemasaran secara offline saja tidaklah cukup. Anda juga perlu menerapkan strategi marketing secara online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Sudah banyak yang memanfaatkan kekuatan dari media sosial, mulai dari UMKM hingga brand-brand besar. Namun masih banyak juga yang melakukan kesalahan dalam menggunakan media sosial untuk pemasaran. Perlu anda ketahui, bahwa media sosial membutuhkan pendekatan, strategi, dan cara penggunaan yang berbeda.

Di dalam media sosial perlu konten yang dapat mendorong terjadinya percakapan atau interaksi dengan audience. Kemudian interaksi tersebut akan membangun komunikasi atau hubungan yang baik antara audience dan bisnis anda. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan potential lead yang akan menghasilkan konvers penjualan. Strategi konten yang salah justru dapat membuat audience merasa enggan untuk ingin tahu lebih lanjut pada sebuah produk yang anda tawarkan hingga berujung pada menurunnya penjualan dan nilai ROI (Return On Investment) bagi bisnis anda.

Menurut Rebecca (2017), anda perlu menghindari beberapa hal berikut ini apabila menggunakan Social Media Marketing dalam berbisnis.

  • Mengabaikan Visitor

Anda perlu merespon atau menanggapi komentar pengunjung dengan cepat. Hal ini berguna supaya pengunjung merasa senang dengan pelayanan bisnis anda. Pastikan anda selalu menanggapi komentar dari pengunjung dengan ramah baik untuk komentar positif maupun negatif. Dalam hal ini, anda perlu menjaga etika komunikasi. Hal ini juga berkaitan dengan gambar dan video yang anda bagikan. Pastikan anda membagikan gambar dan video yang sopan dan pantas untuk dilihat pengunjung.

  • Branding yang Tidak Konsisten

Pastikan anda melakukan satu strategi bisnis yang konsisten dengan pendekatan yang sama di sejumlah platform media sosial. Jangan membuat publik bingung sampai tidak mengenali brand anda. Pasalnya, apabila anda menggunakan strategi yang berbeda dalam branding, justru hanya akan menjatuhkan bisnis anda. Berbeda dengan konten, anda dapat membuat konten dengan konsep yang berbeda.

  • Konten Tidak Berkualitas

Anda juga perlu memikirkan kualitas konten untuk dibagikan ke dalam media sosial. Jangan hanya memperhatikan kuantitas. Anda bisa memulainya dengan mencari tahu apa yang sedang trending atau melihat dari pembicaraan warganet atau netizen. Anda juga bisa melihat dari ingin keinginan audience atau apa yang perlu audience ketahui mengenai bisnis anda.. Tanpa melakukan hal ini, anda hanya akan kehilangan followers.

Demikian 3 kesalahan besar dalam melakukan Social Media Marketing yang perlu anda hindari. Sebab dalam berbisnis, anda perlu melakukannya dengan sebenar-benarnya, bukan? Hal ini juga yang akan menjadi kunci keberhasilan dari sebuah bisnis. Selain mengelola marketing usaha, jangan lupa untuk memperhatikan keberadaan SDM yang mumpuni. Dalam hal ini, anda pun bisa bersiap-siap untuk membangun bisnis yang lebih sukses.