Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan suatu bisnis adalah pemasaran. Namun pemasaran juga membutuhkan media. Promosi menjadi salah satu medianya. Sebab tanpa adanya promosi, sebuah bisnis akan sulit dikenal oleh konsumen. Selain itu, promosi juga sangat berguna sebagai sarana engagement dengan konsumen sehingga anda akan mendapatkan dampak baik dalam jangka panjang. Itulah mengapa promosi usaha menjadi hal yang sangat wajib untuk dilakukan apalagi bagi bisnis telah berkembang.

Namun seringkali promosi dan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja anda sebagai pemilik bisnis, anda tidak ingin jika biaya yang dikeluarkan sampai  menuai hasil yang tidak efektif. Oleh karena itu, pilihlah cara promosi apa yang memang sesuai dengan bisnis anda supaya hasilnya optimal. Berikut 3 cara yang efektif yang patut anda lakukan dalam promosi bisnis :

  • Diskon

Anda pasti sudah tahu bahwa konsumen selalu mengincar produk dengan harga yang miring. Itulah mengapa anda perlu memberikan diskon untuk menarik pembeli. Konsumen biasanya tertarik dengan label potongan harga yang tertera pada produk atau jasa yang ditawarkan. Ada beberapa diskon yang bisa diterapkan seperti diskon akhir tahun, promo buy 1 get 1, diskon berbentuk voucher, dan lain  sebagainya.

Namun jangan sampai gegabah dalam menentukan diskon. Anda harus menyesuaikannya dengan jenis produk dan modal yang anda keluarkan. Salah-salah, anda justru bisa mengalami kerugian.

  • Memanfaatkan Media Sosial

Anda juga tentu sudah paham bahwa media sosial memiliki kekuatan tersendiri bagi sebuah bisnis. Sebagaimana pengguna media sosial semakin hari semakin banyak saja. Sehingga media sosial merupakan media yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda miliki. Apalagi jangkauan media sosial sangat luas baik lokal maupun internasional. Dengan hal ini, tentu saja  produk dan promosi mengenai produk atau jasa anda di media sosial dapat diakses oleh ribuan bahkan jutaan orang. Selain itu, anda juga tidak perlu biaya yang tinggi alias gratis. Kecuali apabila anda memasang iklan. Biasanya ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan. Namun hal ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan budget yang anda miliki.

Bukan hanya promosi, media sosial juga dapat membantu branding dan membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan. Strategi ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

  • Memanfaatkan Momentum

Anda juga dapat memanfaatkan momen-momen tertentu seperti perayaan hari raya idul fitri, natal, hari sumpah pemuda, hari ulang tahun dan lain sebagainya dengan memberikan penawaran terbaik pada hari-hari tersebut. Atau bisa juga dengan membuat konsep produk sesuai dengan momen yang sedang terjadi. Misalnya menawarkan bundle product untuk busana idul fitri sekeluarga. Biasanya orang-orang suka dengan menampilkan sesuatu yang menggambarkan momen-momen tertentu.

Anda juga bisa memberikan promo khusus di momen-momen tersebut. Tenang, pemberian harga yang miring tidak akan membuatmu merugi, justru bisa membuat seseorang ketagihan untuk membelinya lagi atau berminat dengan produk lain yang ada di toko anda.